Sering kali kita terlalu mudah untuk berputus asa dalam menentukan dan mengambil keputusan saat beralih menjadi seorang pebisnis lantaran banyaknya pikiran negative yang sebenarnya kemungkinan untuk dihadapinya belum pasti terjadi. Entah itu takut modal habis karena usaha tidak berkembang, kesulitan untuk mempromosikan barang atau jasa
yang dibisniskan, bahkan ketakutan ditipu rekan atau relasi nantinya karena banyaknya berita tentang penipuan Qnet yang beredar, padahal belum berdasar.

Sebenarnya, dalam tahap ini yang Anda butuhkan adalah motivasi dan dukungan, baik dari orang terdekat ataupun lingkungan. Dengan adanya dukungan dari orang-orang terdekat tersebut akan sangat membantu dalam membangun kepercayaan diri Anda untuk memulai menjalankan bisnis.

Selain itu, mempelajari kisah bisnis yang inspiratif juga bisa menjadi salah satu jalan bagi Anda, terutama dalam hal bagaimana menghadapi rintangan dan banyaknya masalah yang nantinya mungkin ditemui saat menjalankan usaha.

Akan lebih menarik jika kisah tersebut terkemas dalam sebuah film, yang mungkin Anda akan lebih mudah menangkap pesan dan hikmah dari kisah yang disampaikan.

Terdapat beberapa film yang bahkan oleh seorang pebisnis sukses dianjurkan untuk ditonton bagi pebisnis pemula atau Anda yang baru akan memulai berbisnis sebagai pembangkar semangat juga motivasi dalam menjalankan bisnis yang film-film ini diangkat dari kisah nyata.

Apa saja film-film tersebut? Berikut beberapa list film yang akan sangat menginspirasi Anda dalamberbisnis.

The Pursuit of Happiness

Dibintangi oleh Will Smith, film The Pursuit of Happiness ini merupakan film documenter yang diproduksi pada tahun 2006 lalu. Menceritakan tentang perjalanan seorang pebisnis bernama Chris Gardner.

Cerita ini diawali di San Fransisco, California pada tahun 1981. Tinggal di sebuah apartemen kecil, Gardner bersama istri dan anaknya, Linda dan Christopher memulai usahanya dengan menghabiskan seluruh isi tabungannya yang ia gunakan membeli mesin scanner tulang. Meski mesin tersebut memiliki kualitas lebih baik dari mesin X-Ray, beberapa dokter yang ia ajukan proposal menolaknya dengan alasan harganya yang terlalu mahal.

Kegagalannya tersebut membawa keadaan keluarganya makin terpuruk, yang ini berakhir dengan perginya Linda ke New York. Bersama dengan Christopher, ia kemudian melanjutkan hidupnya.

Suatu hari, ia mendapati seseorang mengendarai Ferari merah. Gardner menanyakan pekerjaan lelaki tersebut, yang dijawabnya pialang saham. Saat itulah perjalanannya di dunia
saham dimulai. Bekerja sebagai karyawan magang yang rela tidak dibayar, Gardner mempertaruhkan hidupnya dengan bekerja giat selama masa magangnya. Karena di akhir magang, karyawan terbaik akan dipilih menjadi karyawan tetap.

Selama itu pula, ia tinggal di sebuah rumah singgah bernama Glide Memorial Chruch setelah akhirnya ia diusir dari apartemennya.

Singkat cerita, di akhir perjalanannya ia berhasil menjadi karyawan terbaik dan diterima bekerja di perusahaan Dean Witter Reynolds. Selang dari penobatannya tersebut, karirnya
terus merangkak naik hingga akhirnya pada tahun 2006 ia berhasil mendirikan perusahaan pialan sendiri bernama Gardner Rich.

Pirates of Silicon Valley

Film ini menceritakan tentang dua pebisnis bidang teknologi terbesar di dunia, Steve Jobs dengan Applenya dan Bill Gates dengan Microsoftnya. Sebenarnya, film ini cenderung menceritakan persaingan dari kedua pebisnis ini dalam menciptakan sebuah personal computer pertama di dunia saat itu.

Dengan melihat film garapan sutradara Martyn Burker ini, Anda akan melihat betapa perkembangan pada bidang teknologi beberapa tahun ke belakang sangat amat drastis perbedaannya. Tak hanya inspirasi, Anda juga akan merasakan sensasi lain yang akhirnya mendorong motivasi Anda dalam menjalankan sebuah bisnis, terutama pada bidang teknologi.

Sundul Gan

Selain film buatan luar, terdapat beberapa film inspiratif bisnis yang berasal dari dalam negeri seperti yang satu ini. Sundul Gan, yang kerap kita tahu juga sering digunakan dalam
menggunakan media sosial buatan anak negeri yang satu ini, Kaskus.

Film Sundul Gan ini secara garis besar menceritakan tentang bagaimana dua bersaudara, Ken Andrew dan Andrew Darwis mulai mengembangkan Kaskus sejak mereka berada di Seattle, US sampai sekarang akhirnya menjadi salah satu media sosial yang bergengsi khususnya di Indonesia.

Merry Riana

Seperti judulnya, film ini menceritakan tentang lika-liku perjalanan dari seorang pebisnis dan motivator bernama Merry Riana. Berawal dari keterpaksaannya untuk pindah ke negeri tetangga, Singapura, berbekal hanya uang saku yang sanggup menghidupi 5 hari hidupnya, ia kemudian bertemu dengan temannya di sana dan mulai untuk menjalani hidup
kerasnya.

Berkuliah, bisnis, dan kesibukan lainnya yang ia mulai dari bawah yang menjatuhkannya beberapa kali berhasil menempanya dan akhirnya mendapatkan kesuksesan seperti sekarang ini.

Sebenarnya dalam berbisnis, bukan semata mencari bisnis ora umum apa yang sekiranya dapat Anda lakukan. Namun, bagaimana kegagalan dan kesulitan yang nantinya datang dapat Anda hadapi dan taklukan.