Mendengar kata franchise pasti semua orang memikirkan makanan siap jual. Tidak memerlukan modal besar, namun sudah memiliki nama di kalangan masyarakat. Ya memang benar itu semua, usaha franchise adalah bisnis yang menggunakan merek dan produk milik orang lain.

Di Indonesia sendiri, usaha franchise sangat menjamur hingga ke daerah – daerah. Ini membuktikan bahwa usaha franchise memang bisa menjanjikan. Bisnis ini memang bisa dikatakan memiliki resiko gagal yang sangat rendah karena memang banyak keuntungan yang di dapat. Tidak memerlukan semuanya dari 0, seorang pebisnis franchise hanya menyiapkan modal saja untuk menjalankanya.

Semua produk dan strategi sudah disiapkan pastinya oleh pemilik bisnis, anda hanya tinggal mengelola saja untuk mendapatkan keuntungannya. Pastinya mengelolanya pun harus benar dan sungguh – sungguh agar tidak adanya resiko yang didapat.

Sebelum memulai bisnis franchise, anda harus mengetahui terlebih dahulu ap aarti dari franchise itu. Franchise adalah sistem pemasaraan yang dilakukan pemiliki untuk memperluas bisnisnya. Mereka sudah mempunyai aturan – aturan dan strategi untuk membesarkan bisnis tersebut. Jadi anda harus mengikuti apa yang dikatakan oleh pemilik bisnis tersebut.

Bisnis ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin terjun mendalami dunia bisnis. Daripada memulai dari usaha sendiri, lebih baik belajar bisnis terlebih dahulu dengan mengikuti franchise. Dari sini kita bisa melihat bagaimana cara kerja bisnis yang sebenarnya.

Dalam berbisnis franchise ada cara untuk mencapai sukses. Sama dalam berbisnis sendiri, perlu perencanaan yang matang walaupun tak se detail bisnis sendiri:

  • Jenis waralaba

Sekarang banyak produk yang telah di franchise. Maka dari itu, pilih waralaba yang tergolong mudah untuk dijalankan dan dipelajari, apalagi untuk pemain baru dalam berbisnis. Bila dalam bisnis ini sudah sukses dan berhasil, bisa beralih ke waralaba lainnya yang lebih rumit. Jangan untuk yang pertama kali, anda sudah memilih bisnis yang terlalu banyak memakan waktu dan pikiran sehingga tidak bisa mengontrol bisnis dengan baik.

Baca Juga Jenis Bisnis Yang Bisa Dipilih

  • Lokasi

Lokasi penjualan pun perlu dipikirkan dengan baik. pemilihan lokasi yang strategis memudahkan anda untuk mempromosikan franchise tersebut. Jenis usaha menentukan lokasi penjualan. Sebagai contoh, apabila jenis waralaba adalah produk minuman, jangan memilih lokasi yang memang disekelilingnya sudah banyak toko minuman yang sejenis. Itu akan menyusahkan dalam memasarkan produk. Pilih lokasi yang sekelilingnya tidak ada atau jarang orang menjual minuman tersebut.

  • Franchise murah

Untuk bisa meminimalisir resiko yang ada, pilih bisnis franchise yang harga terjangkau. Sekarang banyak bisnis yang mewaralabakan dengan harga yang murah. Sebagai pemula, franchise dengan harga yang masih terjangkau sangat pas untuk dipilih, sebab biasanya harga sedikit murah sangat mudah mengontrol resiko yang ada. Ketika memilih waralaba yang mahal tetapi anda tidak bisa mengontrolnya dengan baik maka bisnis itu akan cepat bangkrut.

  • Franchise banyak dicari konsumen

Sekarang ini sudah banyak jenis franchise yang bisa dipilih. Namun bisnis yang mudah untung adalah bisnis yang banyak dicari oleh konsumen. Memilih bisnis waralaba yang banyak dicari orang akan memudahkan dalam memasarkan.

Makanan masih menduduki posisi pertama penjualan yang dicari orang. Bukan karena keinginan tetapi berawal dari kebutuhan. Dalam sehari, orang bisa makan hingga 3x hingga makanan sangat mudah laris untuk dipasarkan.

  • Pilih pemilik franchise yang baik

Bergabung dengan pemilik bisnis yang bisa memberikan pelayanan baik memudahkan dalam berbisnis franchise. Sehingga ketika mengalami kesusahan dan kesulita, pemilik tidak sungkan untuk membantu dan memberi arahan agar bisnis berjalan dengan baik. Biasanya pula pemilik bisnis yang baik akan memberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum terjun langsung dalam pengeksekusiannya. Sehingga itu bisa menjadi bekal dalam berbisnis nantinya.